Kuliah Umum Kepelabuhanan Perikanan

Adanya perubahan paradigma pembangunan yang mengarah pada pembangunan yang lebih berkelanjutan, berimbas pula pada pengelolaan pelabuhan perikanan. Saat ini, pengelolaan Pelabuhan perikanan lebih menekankan pada pengelolaan berbasis lingkungan (ecofishing port).
Dalam upaya memperkenalkan konsep tata kelola berbasis lingkungan ini dan sebagai bagian dari menjalin hubungan baik, staf pengajar Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan FPIK IPB, Dr. Iin Solihin dan Dr. Mustaruddin, diminta Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan Universitas Teuku Umar (UTU) Aceh untuk memberikan kuliah umum Kepelabuhanan Perikanan. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 14 September 2021 ini mengambil tema “Strategi Tata Kelola Pelabuhan Perikanan di Provinsi Aceh”. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. M. Ali S, M.Si dan dihadiri oleh civitas akademika FPIK UTU.
Pada kesempatan tersebut, Dr. Iin Solihin menyampaikan materi berjudul “Pengelolaan Pelabuhan Perikanan Berbasis Lingkungan (Ecofishing Port)” yang mengupas konsepsi pengelolaan pelabuhan perikanan berbasis lingkungan, kondisi dan tantangan penerapannya di Pelabuhan pelabuhan perikanan Indonesia. Sedangkan Dr. Mustaruddin menyampaikan materi dengan judul “Sistem Manajemen/Tata Kelola Pelabuhan Perikanan Menuju Port 4.0” yang mengupas tentang peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam tata Kelola Pelabuhan perikanan 4.0.

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *