Peningkatkan Kesadartahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PPP Logending Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Tim dosen IPB University dari Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan FPIK melaksanakan program Dosen Mengabdi Inovasi di Pelabuhan Perikanan Pantai Logending (PPP Logending) Kebumen Jawa Tengah pada hari kamis tanggal 7 Desember 2023. Program ini bertemakan Peningkatan Kesadartahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PPP Lohgending. Peserta dari kegiatan ini terdiri dari 30 orang yang terdiri dari Staff PPP Logending 17 orang, Perwakilan Rukun Nelayan  5 orang, Perwakilan SAR 5 orang, Perwakilan HNSI 1 orang, TPI Logending 1 orang, dan dari Pengolahan udang di Kawasan PPP Logending 1 orang.

Program ini dikemas dalam bentuk bimbingan teknis yang terdiri dari teori dan praktek pemadaman api, teori dan praktek pemahaman Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan Pelabuhan perikanan dan praktek pengisian formulir Job Safety Analysis (JSA). Pre dan post test juga diadakan untuk mengetahui peningkatann kesadartahuan sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan teknis ini.

“Program ini ditujukan agar para pelaku kegiatan di kawasan PPP Logending benar-benar bekerja dengan mempertimbangkan aspek keselamatan dan Kesehatan kerja sejak dari rumah masing-masing”, demikian disampaikan oleh Dr. Budhi Hascaryo Iskandar sebagai keta tim. Pengisi materi yang juga dosen dari Dep. PSP, Dr Yopi Novita, menyampaikan bahwa identifikasi bahaya dan penilaian risiko di lokasi-lokasi dalam kawasan PPP Logending perlu dicermati sebagai bahan dalam penyusunan SOP Keselamatan dan Kesehatan Kerja pelaku kegiatan di kawasan ini terjamin. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa penggunaan life jacket bagi para nelayan dan pekerja yang bekerja di dermaga pelabuhan menjadi hal yang wajib agar dapat meminimumkan kecelakaan kerja. Nara sumber berikutnya adalah Bapak Zuni dari Kasatpol PP Kebumen beserta Tim Pemadam Kebakaran Pos Gombong menyampaikan teori pemadaman dan praktek pemadaman api di lapangan dan pengamanan kompor gas.  Bapak Zuni juga menekankan perlu adanya APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di beberapa lokasi di Kawasan PPP Logending sebagai penanganan awal saat terjadi kebakaran sebelum tim pemadam kebakaran tiba.  Diskusi yang dikemas secara santai membuat peserta banyak bertanya terkait kebakaran, terutama yang disebabkan dari gas LPG di rumah-rumah.

Salah seorang peserta kegiatan, Bapak Gilang,  mengungkapkan rasa terimakasihnya telah diberikan pemahaman terkait aspek K3 di PPP Logending dan melalui simulasi pemadaman api dapat mencoba menggunakan APAR maupun karung goni untuk pemadaman api.  Hasil yang menggembirakan dari pre test dan postest peserta menunjukkan adanya peningkatan pemahaman akan materi yang diberikan rata-rata sebesar 80%.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pengelola PPP Logending yang dikepalai oleh Ir Djati Pramono yang pada saat kegiatan diwakili oleh Bapak Ariyanto yang menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membuka wawasan terkait pemahaman K3 di PPP Logending dan penggunaan APAR dalam memadamkan api yang disampaikan tidak hanya secara teori namun juga praktek. “Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para pelaku kegiatan di PPP Logending dan dapat meminumkan kecelakaan kerja ujarnya saat menutup acara ini”.