Menuju Publikasi Ilmiah di Jurnal Nasional dan Internasional Bereputasi bagi Mahasiswa Pascasarjana IPB

Forum Komunikasi Mahasiswa Program Studi Teknologi Perikanan Laut (FORUM-TPL) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB) menyelenggarakan Workshop Penulisan Jurnal Nasional dan Internasional (22/1/2019). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan penulisan jurnal nasional dan internasional bereputasi. Kegiatan ini juga berpeluang untuk menumbuhkan sinergi antar mahasiswa pascasarjana FPIK, sehingga akan menciptakan penelitian yang memiliki kualitas lebih baik dengan kolaborasi dari keahlian masing-masing pada jurnal bertaraf nasional maupun internasional. Workshop ini diikuti oleh mahasiswa pascasarjana di lingkungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Dr. Iin Solihin. Dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan ini. kegiatan ini sangat berguna bagi mahasiswa pascasarjana untuk meningkatkan kemampuan menulis jurnal ilmiah, karena salah satu syarat untuk lulus dari program pascasarjana IPB adalah menerbitkan satu publikasi pada jurnal ilmiah nasional bagi mahasiswa magister dan satu jurnal nasional terakreditasi dan satu jurnal internasional untuk program doktor.

Workshop tersebut menghadirkan dua pemateri yaitu Dr. Mochammad Riyanto tentang penulisan jurnal nasional dan dan Dr. Hawis H. Madduppa tentang penulisan jurnal ilmiah internasional. Dalam paparan materi disampaikan tentang tips and tricks bagaimana menulis manuskrip jurnal yang baik sehingga dapat diterima dalam jurnal nasional dan jurnal internasional. Harapannya dengan adanya workshop ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa pascasarjana TPL dan dapat diterima dijurnal nasional dan internasional bereputasi kedepannya.

 

 

 

26 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *