Peningkatan Indikator Kinerja Utama Program Studi Melalui Implementasi Pembelajaran Kolaboratif dan Riset Inovasi
Dalam rangka kegiatan Hibah Pengembangan Divisi IPB Tahun 2024, Divisi Kapal, Alat dan Transportasi Perikanan (Divisi KAT), menyelenggarakan kegiatan Workshop Pembelajaran Kolaboratif dan Riset Inovasi yang diselenggarakan di Hotel Sahira, Sabtu 14 september 2024. Workshop dihadiri oleh seluruh anggota Divisi KAT, sebanyak 14 orang. Workshop dibuka oleh Ketua Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) FPIK IPB, Prof Dr Eko Sri Wiyono, MSi. Dalam sambutannya, Prof Eko menyampaikan bahwa IPB menerapkan pembelajaran kolaboratif dalam bentuk Problem Base Learning (PBL) dan Project Base Learning (PjBL). Penerapan pembelajaran PBL atau PjBL juga menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU ) yaitu IKU 7, yang harus dicapai oleh setiap program studi.
Workshop menghadirkan 2 narasumber. Narasumber pertama adalah Prof Dr Asep Supena, M.Psi. Prof Asep adalah staf pengajar dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Prof Asep menyampaikan bahwa pembelajaran abad-21 mengusung 4C: Critical thinking, Communication, Creative thinking, dan Collaboration. Sehingga penerapan metode pembelajaran kolaboratif berupa Problem Base Learning (PBL) dan Project Base Learning (PjPL) merupakan salah satu metode yang efektif untuk mencapai 4C bagi lulusan. Komponen utama dalam penerapan PBL ataupun PjBL adalah keberadaan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), bahan ajar, media ajar dan instrument penilaian.
Narasumber kedua adalah Dr Roza Yusfiandayani, SPi, MSi, staf pengajar dari Departemen PSP FPIK IPB dan sekaligus sebagai Wakil Kepala Tani dan Nelayan Center. Dr Roza menyampaikan materi terkait “Tips and Trick Pembuatan Proposal Penelitian”. Hal utama dalam penyusunan dan pengajuan proposal penelitian adalah ketepatan dalam memilih skema penelitian dan mematuhi syarat administrasi yang ditetapkan.
Workshop diakhiri dengan diskusi internal antar anggota Divisi KAT dalam upaya revisi mata kuliah yang akan menerapkan pembelajaran kolaboratif dengan metode PBL ataupun PjBL serta penyusunan proposal penelitian divisi KAT.