Pelatihan strategi marketing bagi dalam rangka dosen mengabdi di Desa Purwasari

Desa Purwasari yang terletak tidak jauh dari Kampus IPB Dramaga menjadi salah satu desa sasaran dalam program Dosen Pulang Kampung IPB. Kepala Desa Purwasari yang berperan sebagai wakil dari mitra menyambut gembira dengan adanya program dari tim pengusul yang diketuai oleh Julia Eka Astarini, SPi, MSi, seorang dosen di Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB.

 

Salah satu program yang diusung oleh tim adalah pelatihan strategi marketing. Tim pengusul berharap, dengan adanya pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dasar terkait strategi marketing bagi para pembudidaya ikan di desa ini. Pelatihan ini dilaksanakan pada 4 Juni 2022 bertempat di Kantor Desa Purwasari, dihadiri oleh sejumlah warga pembudidaya ikan. Warga yang hadir merupakan warga yang terpilih untuk dapat menularkan ilmu yang telah didapatkan kepada warga lainnya.

 

Kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Purwasari ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi warga Desa Purwasari, membuka kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta menyediakan pekerjaan yang layak bagi warga Desa sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) khususnya SDGs ke-8 yaitu Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

 

Pelatihan ini juga menggandeng alumni Departemen PSP FPIK yang pernah menjadi juara I Tingkat Nasional KBMI/KMI tahun 2018 yaitu Helmi Aulia, SPi, CHt, CH, CMBSS, CPSS yang hingga saat ini menjadi seorang coach dalam bidang marketing.

 

“Dengan adanya pelatihan ini, saya sangat gembira, dan berharap memperoleh pasar yang semakin baik untuk produksi ikan di desa ini, sehingga memberikan semangat untuk warga Desa ini”, harapan dari Kepala Desa Purwasari. Kepala Desa dan warga pembudidaya juga berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan dan dilaksanakan secara berkelanjutan.

38 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *