Program Studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Laut Menuju Akreditasi Internasional ASIIN

Program studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap merupakan program studi di Institut Pertanian Bogor dengan mandat keilmuan: pengembangan ilmu dan teknologi perikanan tangkap yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, yang meliputi: alat tangkap, teknologi eksploitasi sumberdaya perikanan, kapal dan transportasi perikanan, kebijakan perikanan tangkap, manajemen perikanan tangkap, dan manajemen pelabuhan perikanan. Program Studi TMPL telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan nilai A SK BAN PT No. 1101/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018.

Dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan di PS TMPT sesuai dengan kebutuhan akan pendidikan berbasis pada output (outcomes based education) dan dapat terekognasi secara internasional, Program studi TMPT merencanakan untuk mengajukan akreditasi internasional sejak tahun tahun 2018.

Langkah awal menuju Akreditasi Internasional ASIIN adalah kegiatan sharing experiences akreditasi internasional ASIIN yang bertujuan untuk menyamakan persepsi seluruh staf pengajar Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Penyamaan presepsi ini diperlukan untuk mempermudah dalam proses menuju akreditasi internasional.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. rer. nat. Wiwin Windupranata dengan tema sharing experiences akreditasi internasional dan Dr. Irwan Gumilar dengan tema tips dan trik menuju Akreditasi ASIIN. Kedua narasumber berasal dari Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika, Institut Teknologi Bandung. Kegiatan Sharing Experiences dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Desember 2018 di Hotel The Sahira. Pertemuan ini juga merupakan tindak lanjut di Program Studi TMPL setelah ditetapkan oleh IPB untuk dapat terakreditasi internasional ASIIN. Semoga kegiatan ini menjadi penyemangat dan memperlancar PS TMPL menuju akreditasi internasional ASIIN 2020. (Riyanto,13/12/2018)

41 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *